Inverting Amplifier

Inverting Amplifier

Pengertian

Inverting Amplifier merupakan penerapan dari penguat operasional sebagai penguat sinyal dengan karakteristik dasar yaitu sinyal output memiliki phase yang berkebalikan dengan phase sinyal input. Yang artinya output yang dihasilkan berbeda phase 180 derajat dari input. Jika tegangan input bernilai negatif maka outputnya akan bernilai positif dan sebaliknya.

Penggunaan Inverting Amplifier Pada Op - Amp

Pada dasarnya penguat operasional (Op-Amp) memiliki faktor penguat yang sangat tinggi hingga 100000 kali pada kondisi tanpa rangkaian umpan balik (feedback). Dalam inverting amplifier salah satu fungsi pemasangan resistor umpan balik dan resistor input adalah untuk mengatur faktor penguatan inverting amplifier tersebut.

Gambar Rangkaian Inverting Amplifier

Rangkaian diatas merupakan rangkaian dasar inverting amplifier yang menggunakan tegangan simetris. Secara sistematis besarnya faktor penguat (A) pada rangkaian penguat pembalik adalah (-Rf/Rin) sehingga besarnya tegangan output secara sistematis adalah :

Vout = Vin (-Rf/Rin)

Gambar Gelombang Input dan Output

Pada gambar sinyal diatas bisa dilihat bahwa hasil keluaran sebuah inverting amplifier tidak hanya memperbesar output berkali kali lipat tetapi dia juga memiliki karakteristik untuk membalikan phase sinyal input. Dilihat dari gambar sinyal input bernilai postif 1v tetapi saat menggunakan inverting amplifier sinyal output berubah menjadi negatif 5v.


Post a Comment

0 Comments