Besaran dan Satuan (Besaran Pokok, Besaran Turunan, dan Sistem Satuan) [Fisika Dasar]

Besaran, Satuan, dan Sistem Satuan

Besaran dan Satuan

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, mempunyai nilai yang dapat dinyatakan dengan angka dan memiliki satuan tertentu. Sedangkan satuan merupakan pernyataan yang menjelaskan jenis suatu besaran.  Besaran terbagi menjadi 2 yaitu besaran pokok dan besaran turunan. 

Besaran Pokok

Besaran pokok merupakan besaran yang dipandang berdiri sendiri dan tidak diturunkan dari besaran lain. Dalam arti lain, besaran pokok merupakan besaran dasar yang tidak dihasilkan dari besaran lainnya. Tetapi besaran pokok dapat menghasilkan besaran turunan dengan sebuah kondisi dan metode tertentu.

Tabel Besaran Pokok dan Satuannya

Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan atau diperoleh dari besaran - besaran pokok dengan metoda atau kondisi tertentu. Sebagai contohnya adalah luas suatu persegi yang harus dihitung dengan menggunakan metoda perkalian sisi dikali sisi, sehingga akan menghasilkan luas yang satuannya m² yang diperoleh dari perkalian sisi meter dikali sisi meter. 

Atau dengan perkalian dengan jenis besaran pokok yang berbeda, sebagai contoh besaran kecepatan yang diperoleh dari hasil bagi jarak dengan waktu. Jarak merupakan besaran panjang yang mempunyai satuan meter, sedangkan waktu mempunyai satuan sekon. Maka besaran kecepatan merupakan besaran turunan dari besaran pokok panjang dibagi besaran pokok waktu, sehingga akan menghasilkan satuan meter/sekon atau biasa di tulis m/s. 

Tabel Besaran Turunan dan Satuannya

Sistem Satuan

Sistem satuan yang biasa digunakan pada besaran pokok dan besaran turunan adalah sistem satuan internasional (SI) atau biasa dikenal sebagai sistem metrik yaitu meter, kilogram, dan sekon yang disingkat MKS. Selain sistem metrik yang lain adalah CGS (Centimeter, Gram, Sekon) ada pula British Engineering System yang biasa disebut sebagai sistem FPS (Foot, Pound, Sekon)

Tabel Satuan Internasional

Pada sistem metrik satuan yang lebih besar dan lebih kecil didefinisikan dalam kelipatan 10 dari satuan standar. jadi 1 kolometer (km) adalah 1000m atau 10³, 1 centimeter (cm) adalah 1/100 m atau 10-² dan seterusnya. Berikut ini merupakan tabel awalan metrik yang sering digunakan dalam berbagai satuan.

Tabel Awalan Metrik SI


Post a Comment

0 Comments